PERAYAAN HARI BESAR ISLAM AL FATHIMIYYAH

 


Pondok Pesantren Al Fathimiyyah Tambakberas Jombang, pada setiap tahunnya menggelar acara perayaan. Acara ini untuk memperingati hari besar Islam atau biasa dikenal dengan PHBI, dalam acara ini biasanya dimulai pada peringatan Hari Raya Idul Adha dan dilanjut diisi dengan acara lain seperti perlombaan yang diikuti oleh santri Ponpes Al Fathimiyyah.

Perlombaanya sangat beragam mulai dari cerdas cermat, keputrian, memasak teater, musik, tarian dan masih banyak lagi acara lainya. Acara ini tidak dilakukan setiap hari berturut-turut, tetapi biasanya diletakkan di sela-sela waktu atau di hari libur agar tidak mengganggu kegiatan lain seperti sekolah atau yang lainnya.

Acara ini merupakan bentuk upaya agar santri dapat mengembangkan dan mengeksplorasikan kreativitas nya, mereka juga sangat antusias dalam berkontribusi untuk meramaikan acara ini. Menurut mereka kegiatan ini atau acara ini sangat menyenangkan meskipun mereka harus merelakan tenaga karena harus membagi waktu dengan belajarnya di sekolah. "Acara ini sangat sangat seru apalagi temen-temen juga sangat antusias dalam meramaikan acara ini, meskipun kadang juga capek karena harus membagi waktu belajar dengan mempersiapkan semuanya untuk kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan saat acara perlombaan nanti, walaupun lombanya biasanya berada di waktu-waktu luang tapi kan kita harus mempersiapkannya dari beberapa hari belum acara dimulai.",ucap salah satu peserta.

Kegiatan ini sangat memberikan pengaruh positif, karena dengan ini mereka bisa mengembangkan kreativitasnya. Contohnya dalam perlombaan yang berhubungan dengan alat musik mereka diharuskan untuk memakai alat musik dengan benda apa saja yang dapat digunakan untuk alat musik bukan alat musiknya langsung misalnya drum mereka ganti dengan kaleng bekas atau flute dari pipa, atau dalam pembuatan kostum mereka diharuskan untuk membuatnya sendiri dengan referensi yang mereka punya. Acara ini biasanya berakhir di bulan Desember yang diisi dengan penampilan bakat mereka. Karenanya kegiatan-kegiatan ini penting dan sangat berpengaruh positif bagi santri Al Fathimiyyah yang diharapkan agar kedepannya acara ini dapat dipertahankan dan dikembangkan agar mereka dapat berkembang dan mengekspresikan kreatifitas mereka melalui acara ini.

H_ Nadiyatul izzah_23041184353


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju