REAKSI PARA MAHASISWA TERHADAP KE EFEKTIFAN PEMBEBASAN SKRIPSI SEBAGAI TUGAS AKHIR

 Belakangan ini telah ramai sebuah berita mengenai Isu Pembebasan Skripsi untuk tugas akhir para calon sarjana, berita ini sangat ramai di bicarakan oleh para mahasiswa di seluruh penjuru Nusantara. Bagaimana tidak, skripsi yang biasanya di eluh eluh kan oleh para mahasiswa akan dihapuskan dan akan digantikan dengan sistem project akhir untuk kelulusan. Nah, apakah pembebasan skripsi ini akan memudahkan mahasiswa atau malah membebani mahasiswa?, mari kita lihat jawaban para calon sarjana.

 Pada tanggal 26 September, saya melakukan sebuah wawancara via online mengenai isu pembebasan skripsi ini menurut pandangan mereka. Disini hadir dua narasumber yang mereka adalah seorang mahasiswa, “ permisi boleh minta waktunya sebentar ngga kak?, namanya siapa dan dari universitas mana?,” tanya pewawancara, “Nama saya Ramdana Pikara, saya berasal dari universitas Politeknik Elektronika Negeri Surabaya,” ujar narasumber 1. Dan narasumber juga menjawab “ nama saya Dimas Wildan, dan saya berasal dari UPN jatim,” Jawab narasumber 2.

 Disini saya menanyakan pendapat para calon sarjana ini mengenai isu pembebasan skripsi menurut pandangan mereka, “ nah kalian sebagai mahasiswa pasti tau tentang isu pembebasan/ penghapusan skripsi ini kan, bagaimana tanggapan kalian apakah hal ini akan efektif bagi mahasiswa?”. Tanya pewawancara, “ nah denger-denger tugas akhir/ skripsi ini itu diganti dengan project akhir, yang menurutku efektif karena tidak terlalu membebani mahasiswa dalam proses pembuatannya”. Jawab narasumber 1. “ kalo akuu, menurutku masih bingung sebenernya karena pembebasan skripsi ini juga belum pernah diadakan uji coba, jadii kemungkinan kita tau efektif atau tidaknya masih samar,” Tambah Narasumber 2.

 “Kenapa kok bisa kata mas Ramdana tadi kemungkinan lebih efektif project akhir daripada skripsi?”, Tanya Pewawancara. “Kemungkinan dihapusnya skripsi ini karena kebanyakan mahasiswa tidak terlalu memahami tentang prodi/ jurusan mereka sendiri, namuun tetap masih lebih berat project akhir yang sesuai dengan bidang jurusannya dari pada membuat skripsi yang kadang tidak terlalu sinkron dengan jurusan kita masing-masing,” jawab narasumber 1. “ baik mas terima kasih bnyak atas waktu dan jawabannya”, tutup pewawancara.

NAMA/ NIM / KELAS : NANDA ATTAYA SATRIO/23041184362/KELAS H2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju