JASA TRANSPORTASI ONLINE VS SOPIR ANGKOT DAN BECAK

 Semenjak munculnya jasa transportasi yang menyediakan layanan berbasis mobile atau online seperti grab, gojek dan lainya para sopir transportasi umum merasa sangat tersaingi terlebih bagi transportasi umum jarak dekat seperti becak dan angkot. Para sopir angkot merasa jika pendapatan mereka menurun drastis bahkan uang pendapatan mereka pun tidak dapat digunakan untuk membeli bahan bakar bensin.

Seperti yang dialami oleh Pak Suparto (55), “Uang pendapatan buat setor ada meskipun ngga seberapa tapi kan juga butuh beli bensin buat narik pelanggan”.

Jika para jasa transportasi online hanya dengan menunngu pesan dari pelanggan yang masuk berbeda dengan sopir angkot yang ketika mencari pelanggan mereka harus berkeliling terlebih dahulu baru mendapat pelanggan, tapi dengan kondisi sepi pelanggan belum tentu juga dalam berkeliling para sopir angkot ini mendapat pelanggan, inilah salah satu penyebab sopir angkot tidak dapat memberikan uang pendapatan untuk disetorkan.

Selain sopir angkot para penarik becak juga merasa terkena imbasnya, seperti yang dialami oleh Pak Sukiran (63) ia penarik bentor atau becak motor dari 15 tahun yang lalu “ Dalam sehari biasanya narik pelanggan paling banyak 5 hingga 7 orang buat pendapatan perhari paling banyak yah sekitar 100 ribu kalo paling sedikit 50 ribu jadi ndak menentu setiap harinya”.

Belum lagi bagi mereka para penarik becak yang menggunakan sepeda onthel beberapa pelanggan beralih kepada bentor karena menurut mereka lebih cepat dibanding dengan becak yang dikayuh. Untuk mendapat pelanggan Para penarik becak ini baik bentor maupun becak tidak harus berkeliling biasanya mereka berhenti dibeberapa titik menunggu para pelanngan menghampiri untuk memakai jasa mereka. “kalo ditanya pengen kerja yang lain ya mau aja, cuman jaman sekarang nyari kerja kan susah jadi yah disyukuri aja”. Imbuhnya (11/10/23).

Seiring berjalanya waktu kita para manusia yang dinamis pasti akan mengalami perubahan salah satu hal yang kita alami saat ini adalah canggihnya teknologi terutama para sopir angkot dan becak.

Nama: Nadiyatul Izzah

Nim: 23041184353_H


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju