MARLUNG MBA ANA

 


SIDOARJO – Salah satu kuliner yang mungkin hanya kalian temui di sidoarjo, tepatnya dibagian barat daerah sukodono dan sekitarnya. MARLUNG (martabak balung), makanan ini terbuat dari tulang ayam yang dimasak dengan bumbu kari, proses masaknya tidak terlalu rumit, biasanya tulang ayam yang sudah dibumbui dibungkus dengan kulit martabak kemudian digoreng, rasa dari marlung ini relatif karna beberapa orang mungkin tidak menyukai tulang, selain itu rasa dari marlung berbeda – beda sesuai selera orang yang memasaknya, harga satuan marlung ini sangat murah biasanya dijual 1000 hingga 2000 an saja, seperti marlung yang dijual oleh mbak ana, ia menjual harga marlung ini seharga 1000 rupiah.

“ Saya bikin yang ukuran agak kecil, kalo bikin yang lebih besar bakal tak jual 2000 an, dan berhubung yang sering beli anak kecil jadi saya kasih harga 1000 ”.ujar mba ana si penjual marlung. Marlung ini dikaitkan dengan rasa pedas.“marlung nya mba ana ini rasanya ga terlalu pedas, biasanya ada yang jual pedes banget dan buat harganya juga worth it cuma 1000“. ujar salah satu pembeli.Marlung mbak ana ini tempatnya didaerah jogosatru, untuk jam buka biasanya buka dari pagi jam 09.00/10.00 hingga sore, terkadang mbak ana juga menerima pesanan jika ada yang ingin membeli porsi banyak.

Selain marlung, mba ana juga menjual yang namanya marsus (martabak usus) ini tidak jauh beda dengan marlung yang membedakan adalah isianya, untuk marsus isianya menggunakan usus ayam yang telah dibumbu.“ Dari marlung maupun marsus aku suka keduanya sih karna emang kebetulan aku juga suka usus ayam ”.ujar kak vidya salah satu pembeli marlung mbak ana.‘’Kalo dibilang setiap hari beli ya engga cuma sering aja sih aku beli disini karena harganya murah cuma 1000, kalo di orang lain biasanya nyampe 1500 kalo ga 2000, selain itu deket rumah juga jadi sering beli disini”.imbuhnya

  Nadiyatul Izzah_23041184353_H_2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju