Pak Abdul : Penjual Cilok Keliling Berumur 52 Tahun Yang Berawal Dari Terkena PHK

 Pada hari selasa malam di tanggal 10 Oktober 2023, saya Satrio sebagai penulis artikel ini telah mendapatkan pengalaman dari seorang bapak tua penjual cilok keliling. Di era sekarang penjual makanan atau jajanan semakin kreatif dan inovatif, dikarenakan anak muda di zaman sekarang mampu membudidayakan media dan kemajuan teknologi dalam berdagang, nah bagaimana dengan keadaan para pedagang cilik seperti Pak Abdul?.

Pak Ahmad Abdullah ( 52 tahun ) yang biasa dipanggil Pak Abdul ini adalah pedagang cilok keliling yang berasal dari Lumajang, dan sudah berjualan cilok dari umur 37 tahun, jadi ia telah merintis usaha ini 15 tahun lamanya. Beliau berawal dari seorang karyawan di suatu perusahaan, namun pada suatu waktu Perusahaan nya mengalami kebangkrutan dan terpaksa melakukan PHK kepada para karyawannya. Pak Abdul termasuk salah satu dari karyawan yang terkena PHK, kemudian Pak Abdul memutar otak nya dan membuat keputusan untuk membuat usaha menjual cilok dengan sisa modalnya.

Pak Abdul ini tidak memiliki seorang putri, namun ia mengangkat anak putri dari seorang tetangganya, dikarenakan kedua orangtuanya meninggal pasca pandemic Covid-19. Kebaikan hati yang dimiliki oleh Pak Abdul menuntunnya dalam selalu berjualan dengan jujur, sehingga seluruh makanan yang dijual oleh Pak Abdul ini sangat higienis dan juga tentunya nikmat agar mendapat barokah di setiap dagangannya. Dengan penghasilan dibawah UMR Pak Abdul ini masih berusaha membiayai putri angkatnya yang bernama cindy ini dengan menekan pengeluaran sesuai kebutuhan mereka, putri angkatnya masih duduk di bangku SD yang kedepannya pasti membutuhkan biaya untuk berlanjut ke jenjang selanjutnya. Pak Abdul juga berharap ia mampu menuntun putri angkatnya untuk menjadi orang yang lebih baik daripada beliau sendiri.

Beliau juga berbagi tentang keinginannya bagi anak” muda zaman sekarang untuk berkembang lebih maju daripada generasi zaman dahulu, karena masa depan dipegang oleh anak” muda. Beliau ingin anak muda seperti kita dapat membuat lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkan, dan juga beliau berpesan pada kita bahwa “kamu nggak akan bisa merubah sesuatu, kalo diri kamu nggak bisa merubahnya sendiri,” ucap Pak Abdul.

NAMA/NIM : Nanda Attaya Satrio / 23041184362

KELAS : Kelas H Ilkom


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju