SECUIL NIAT BAIK DARI SEBUAH PEKERJAAN YANG TERANCAM PUNAH DIMAKAN ZAMAN

 Era modern yang kini diiringi oleh perkembangan teknologi canggih membuat ancaman tersendiri bagi beberapa profesi pekerjaan, salah satunya adalah tukang sol sepatu dan sandal. Menjalani profesi sebagai tukang sol sepatu tidaklah mudah, apalagi di era gempuran penggunaan teknologi di setiap aspek pekerjaan.

 Kasman Sugiarto (55), seseorang asal Surabaya Timur ini menjalani kehidupan dengan bertahan sebagai tukang sol sepatu dan sandal untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Meskipun kini menjadi tukang sol sepatu dan sandal bukanlah pekerjaan yang mudah untuk era kini, Kasman tetap berjuang meski di tengah-tengah gempuran pekerjaan yang semakin modern.

 Kasman menyatakan bahwa “ Ya memang tidak mudah mbak jadi tukang sol sepatu kadang juga bisa sol sandal, apalagi sekarang sudah pada canggih ya. Tapi gimana lagi saya juga cuma bisa kerja begini untuk keluarga saya, “

 Dimulai dari ketika anak-anaknya berangkat ke sekolah, Kasman pun mulai berkeliling ke setiap daerah yang dilaluinya, bahkan dengan teriknya matahari di siang hari ditengah padatnya jalanan besar pun tidak bisa dihindari.

 “ Menurut saya sendiri ya terserah mau kerja apa aja, yang penting niatnya aja. Kalo saya kan niat cari berkah aja, jadi meskipun dapet hasilnya cuma sedikit gapapa yang penting berkah buat keluarga saya mbak, “ jelas Kasman Sugiarto ( 09/10/2023 )

 Hasil yang didapatkan untuk mengerjakan sepasang sepatu sebesar Rp 12.000, dan untuk sepasang sandal berkisar Rp 8.000 hasil tertinggi yang didapatnya sejauh ini adalah berkisar Rp 72.000 – Rp 96.000. Hasil yang didapat tersebut digunakan untuk makan sehari-hari dan juga pemenuhan kebutuhan keluarga, terutama untuk kebutuhan sekolah kedua anaknya.

 Kasman telah menjalani pekerjaan sebagai tukang sol sepatu dan sandal selama kurang lebih 8 tahun. Meskipun terkadang pekerjaan yang dilaluinya tidak membuahkan hasil, Kasman tetap meneruskan pekerjannya sebagai tukang sol sepatu dan sandal. Karena menurut Kasman sendiri pekerjaan sebagai tukang sol sepatu dan sandal termasuk enjoy, sebab Kasman telah melaluinya sejak lama, dan pekerjaan tersebut tidak ada batasan waktu.

 Kasman hanya berharap semoga dengan niat yang baik hasil yang didapatkan pun dapat menjadi suatu hal baik di masa yang akan datang untuk keluarganya.

Keyne Syifaul Izzah

23041184349


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju