Ajaibnya Air Putih Dalam Kesehatan

 Bukan lagi menjadi rahasia bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan air putih Selain karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, konsumsi air putih nyatanya dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal. Kurang minum air putih bisa mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh.

Pada tingkat yang parah, dehidrasi bisa menimbulkan gejala berupa tubuh lemas, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, hingga penurunan kesadaran. Maka dari itu, penting untuk selalu minum air putih. Kebutuhan cairan seseorang mungkin akan berbeda dengan orang lain, tergantung pada kondisi tubuh, aktivitas yang dilakukan, hingga kondisi cuaca. Namun umumnya, orang dewasa membutuhkan 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap hari..

Di lansir dari website resmi yankes.kemkes.go.id bahwa ,Air membantu melancarkan pencernaan dan pengeluaran racun dari tubuh, menyeimbangkan kadar mineral serta menyebarkan oksigen ke seluruh organ. Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 2/3 atau sekitar 60% - 70% dari berat tubuh. Kekurangan konsumsi air dapat membuat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Adapun gejala dari kekurangan minum menurut ikatan dokter Indonesia gejala fisik dehidrasi seperti mulut kering,mata kering,sembelit,warna urine lebih gelap,mudah kelelahan,kulit menjadi kering dan adapun penyebab dan pengertian dari dehidrasi merupakan kondisi jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk. Dehidrasi dapat disebabkan oleh beberapa penyakit diantaranya diare, demam, muntah atau penyakit lainnya. Dehidrasi dapat timbul sebagai akibat dari hal lain seperti produksi keringat yang meningkat setelah berolahraga atau beraktivitas yang berat, konsumsi alkohol dan lainnya. Kelompok yang berisiko mengalami dehidrasi yaitu bayi,manula,atlet,individu dengan penyakit jangka panjang seperti diabetes.

Walaupun memiliki banyak akibat kesehatan tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk tidak mengonsumsi air putih secara rutin atau tidak sama sekali “Selama ini aku minum air putih kalau habis makan aja sih itupun kalo inget kalo ngga ada es teh atau minum rasa lainnya soalnya nggak suka air putih kalo ada minuman lain aku minum yang lain”(19)

Walau begitu sejauh ini belum ada tanda tanda seperti yang telah di jelaskan dalam website website kesehatan tapi juga tidak kalah banyak juga seseorang yang sangat suka mengonsumsi air putih “Suka kak asalkan dingin kalo nggak dingin juga suka tapi lebih suka yang dingin aja bisa sehari aku habis berliter liter mungkin ya nggak ngitung juga tapi yang jelas sebelum berangkat sekolah pasti minum habis sarapan dan sekolah bawa tumbler yang isinya air putih dan pasti habis”(15) ucap caca salah satu murid di smk widya darma Surabaya yang mengaku suka mengonsumsi air putih.

Tak hanya itu air putih juga seringkali di jadikan sarana diet untuk sebagian orang hal itu terbukti riset oleh siloamhospital salah satu rumah sakit ternama di jelaskan bahwa air putih, yang bebas kalori dan gula, dianggap sebagai sarana diet yang sehatBerikut adalah beberapa manfaat air putih untuk diet karena dapat Menjaga kadar cairan tubuh,Mengurangi rasa lapar.”Sudah berjalan sekitar kurang lebih 5 bulan ini so far memang sengaruh itu menurut aku air putih buat diet dan alhamdulillah nya sudah turun 4 kilo an dan makin lancar pencernaan nya tapi tetap di seimbangi dengan makan makanan bergizi kaya sayur buah dan pastinya ngurangin es ,manis manis apalagi gorengan dan semua makanan berminyak”

(Siska 21) ucap wanita yang tengah menjalankan diet dengan rutin dan memperbanyak air putih serta menjaga keseimbangan makanan yang di konsumsi.

 Studi menunjukkan bahwa orang yang minum 500 ml air putih mengalami peningkatan jumlah kalori yang terbakar, yaitu antara 2 dan 3 persen lebih banyak kalori daripada usai minum air,Mengatasi rasa haus,Namun, perlu diingat bahwa air putih tidak memiliki zat gizi esensial yang dibutuhkan tubuh seperti lemak, protein, dan vitamin oleh karena itu, penting untuk mengimbangi diet dengan pola diet sehat dan berolahraga agar turun berat badan lebih efektif

Nama/Nim/kelas : Eka Maulana Syarif (23041184356) H


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju