DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

 


Selasa, 31 oktober 2023 saya telah melakukan survei dan mereportase tentang baliho dan spanduk kampanye para capres dan caleg di Jln. Ketintang Madya yang sudah terpapar di pinggir jalan utama yang biasanya di lewati oleh banyak orang yang berkendara maupun pejalan kaki. Baliho dan spanduk sendiri pun memiliki ukuran yang begitu cukup besar, dengan desain yang menarik dan mencolok, mereka menggunakan warna-warna yang relevan dan menggambarkan pesan-pesan yang ingin disampaikan dan terbaca dengan jelas, ini membuat orang-orang yang melewati area tersebut mudah mengenal capres atau pun caleg tersebut.

Dengan melakukan wawancara ke beberapa warga yang melintas di area tersebut untuk mendapatkan pendapat pandangan mereka tentang kampanye capres dan caleg tersebut. Untuk pendapat orang-orang yang ada di sekitar mayoritas mereka berpendapat bahwa baliho dan spanduk kampanye ini dapat di bilang efektif dan cukup menarik perhatian, sampai mereka ingin membaca pesan yang tertulis di baliho atau spanduk tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa baliho dan spanduk kampanye tersebut dapat memberikan informasi yang berguna, misalnya kampanye capres dan caleg peserta pemilu akan lebih tahu mana yang pemilu dan mana yang bukan capres atau caleg. Di satu sisi juga dapat menjadi media informasi bagi para capres dan caleg agar bisa diketahui para pemilih. “Jangan sampai masyartakat ini minim akan informasi terhadap sosok capres dan caleg yang akan dipilih, sehingga adanya baliho dan spanduk ini bisa memberikan informasi,” Masyarakat yang ada di area sekitar.

Tetapi dengan adanya baliho dan spanduk tidak semua orang merasa nyaman tetapi ada juga masyarakat yang merasa terganggu, dan ada salah satu masyarakat yang ada disekitar situ mengatakan “bahwa terlalu banyak baliho dan spanduk yang dapat membuat lingkungan terasa ramai dan terlalu penuh dengan baliho dan spanduk tersebut.” Supaya masyarakat sekitar tidak terasa terganggu, para perusahaan atau organisasi yang mengelola kampanye tersebut seharusnya memanfaatkan teknologi digital dengan cara berkala, sehingga tidak terlalu monoton dan dapat mempertimbangkan keseimbangan antara efektivitas dan kenyamanan masyarakat setempat.

Nama : Nizaria Kusumastuti

Nim : 23041184342

Kelas : 2023 H


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju