SELERA MEMBACA GEN Z DI ERA DIGITAL

 Sidoarjo (21/11/2023) – Perubahan era yang semakin berkembang kini tidak hanya menimbulkan dampak besar pada kehidupan masyarakat. Perkembangan zaman yang kini memasuki era digital, dimana semua aktivitas kini beralih pada gadget. Perkembangan teknologi menghadirkan teknologi yang semakin canggih seiring berjalannya waktu, membuat setiap aspek kini terhubung dengan digital dalam berbagai bentuk dan dihadirkan dalam bentuk platform sebagai layanan teknologi dalam gadget yang ada. Perpindahan aktivitas tak terkecuali dari aktivitas yang tak berat sekalipun, karena setiap aktivitas yang dilaksanakan masyarakat mengikat pada teknologi digital saat ini.

 Bentuk aktivitas yang dilakukan masyarakat tak melihat dari beratnya aktivitas tersebut, karena semuanya kembali lagi berpusat dalam digital yang dihadirkan oleh bidang teknologi saat ini. Teknologi yang semakin berkembang canggih, kini menghadirkan berbagai macam platform dengan fungsi hampir memenuhi setiap aspek kehidupan.

 Di sisi lain kini perkembangan Gen Z juga tak kalah berdampak pada kehidupan masyarakat. Gen Z yang semakin berkembang dengan pemikiran-pemikiran barunya tak kalah memberi pengaruh besar pada revolusi dunia. Banyak nya ide-ide cerdas yang dapat dihasilkan dan membuat aspek kehidupan menjadi lebih maju. Namun, meski dengan berkembangnya zaman dan pemikiran para Gen Z tak kalah membuat adanya pengaruh negatif yang muncul di permukaan kehidupan masyarakat. Namun, lahirnya pemikiran-pemikiran tersebut juga berawalan dari tingkatan membaca Gen Z di masa kini.

 Membaca merupakan jendela dunia. Dimana dari proses membaca kita dapat menghasilkan ide-ide luar biasa. Minat membaca di era digital tak turut menurun, dikarenakan kini pihak teknologi juga menghadirkan platform khusus untuk membaca. Karena kini lewat hadirnya platform membaca tersebut, banyak aktivitas yang lebih mudah dilakukan tanpa harus mencari informasi ataupun bacaan dari sana kemari.

 Membaca tidak hanya seputar tentang informasi ataupun seputar pelajaran di sekolah, platform yang disediakan kini juga dapat memudahkan akses bagi pecinta novel untuk memudahkan mereka membaca lewat gadget masing-masing. Banyak platform yang kini dihadirkan misalnya untuk berita sendiri ada twitter, instagram, dll. Atau pula bagi para pecinta novel disediakan platform semacam wattpad, webtoon, novel toon, fizoo novel, dll.

 “Membaca itu hobi menurutku, kaya ngisi waktu luang terus hiburan juga karna emang aku juga suka baca. Suka baca lewat gadget ya lebih mudah dan gampang dibawa kemana-mana sedangkan kalo bawa buku itu agak ribet, selain itu aksesnya mudah dan gratis. Biasanya aku pake aplikasi wattpad, tiktok, instagram, sama twitter, “ ujar Putri (20)

 “ Karena kita masuk ke era digitalisasi, jadi baca pun sekarang bisa lebih efisien lewat platform tertentu kan ya. Karena aku suka baca berita jadi biasanya lihat di Kompas, IDN, dll. Kelebihan nya kita akses lewat platform yang ada di gadget tuh karena lebih praktis dan efisien ajha, dimanapun dan kapanpun itu. Kalo buat kekurangan nya sendiri sih karena aku suka berita jadi kadang ada beberapa yang ngga sesuai sama fakta yang tertera di lapangan gitu, “ papar Kafila (19)

 “ Membaca itu bukan hobi tapi lebih ke penghiburan disela ribetnya mata kuliah yang harus ditempuh, bukan baca pelajaran tapi lebih ke fiksi fiksi yang ngga bikin stress kaya webtoon. Karena ada banyak genre dari fantasy sampe horor thriller, dan yang paling menarik selain alur cerita yang menarik juga ada visualisasi yang ngga bikin kita harus membangun karakter sendiri dari tokoh-tokoh cerita itu. Dibandingkan negatif aku lebih banyak ngerasain positifnya karena dari aplikasi webtoon ada pula epik nya pemilihan warna yang ditampilkan menarik untuk metode healing gitu, “ papar Arina (18) secara spesifik

  Perubahan revolusi era yang semakin berkembang menampilkan banyaknya perbedaan selera setiap individu, salah satunya yaitu selera membaca para Gen Z. Minat baca harus terus ditingkatkan, meskipun zaman terus berkembang jangan sampai sumber pengetahuan tidak boleh ditinggalkan di belakang.

Nama : Nadiyatul Izzah

NIM : 23041184353


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju