STUDIO FOTO PIONEERING KESUKSESAN SEORANG FOTOGRAFI

 Dalam era di mana media sosial dan visual content menjadi semakin dominan, pengusaha studio foto yang mengalami perkembangan luar biasa. Saya melakukan wawancara eksklusif via online dengan Robby Krisnu Wardhana, seorang pengusaha studio foto yang sukses di kota Madiun, untuk memahami lebih dalam lagi perjalanan dan tantangan dalam industri tersebut.

Robby yang memiliki keinginan mebuka usaha studio foto sejak ia mengambil mata kuliah fotografi pada tahun 2010, dengan berjalannya waktu ia mulai mencintai fotografi dan memiliki niat untuk membuka studio foto sendiri suatu saat. Dan setelah lulus ia berusaha mewujudkan mimpinya tersebut, dan akhirnya usahanyapun terwujud untuk memulai uasaha studio foto sendiri pada tahun 2015 yang dinamakan kanaka studio. Robby mengatakan bahwa kunci kesuksesannya adalah kemampuan untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi “apa lagi di era digital yang semakin berkembang dan peran media sosial yang semakin meningkat, bahkan menjadi penentu sukses tidaknya bisnis kami, kami terus berusaha konsisten dan membuat konten yang bisa membuat studio kami semakin dikenal,” ujar Robby.

Salah satu hal yang membedakan studio foto robby adalah ia fokus pada pelayanan pelanggan yang personal, berorientasi pada kebutuhan klien, dan kenyamanan kalien. “Kami selalu memperlakukan semua klien sama, sama-sama spesialnya. Dan saya percaya bahwa setiap momen berharga dan setiap individu memiliki keunikan. Oleh karena itu, kami bekerja keras untuk memahami visi klien dan menghasilkan foto-foto yang tidak hanya indah tetapi juga mencerminkan kepribadian mereka,” tambahannya Robby.

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, robby memanfaatkan kekuatan media sosial. “Kami aktif di platfrom seperti Instagram dan tiktok untuk memperluas jangkauan kami, menampilkan portofolio dan hasil foto klien kami di platfrom tersebut dapat membatu membangun kepercayaan dan menarik pelanggan baru di luar sana,” ungkap Robby.

Tidak itu saja di studio foto kami juga merperhatikan teknologi editing terbaru untuk memastikan bahwa setiap foto mencapai standar tertinggi. “Keahlian editing dan retouching menjadi sangat penting dalam memberikan hasil akhir yang memukau kepada klien kami, kami terus memperbarui dan melatih tim kami untuk tetap kompeten dalam hal ini,” ujar Robby

Sementara itu perkembangan teknologi terus memberikan peluang baru, Robby pun membicarakan tentang tanggung jawab etis yang dihadapi oleh para pengusaha studio foto. “Kami selalu mengutamakan privasi dan keamanan data pelanggan kami. Kepercayaan adalah fondasi dalam bisnis kami, dan kami selalu mengkonfirmasi ke pada klien bahwa data yang ada di kami akan disimpan selama 3 bulan jika lebih dari itu akan kami hapus, dan apabila kami ingin upload story, kami selalu minta izin terlebih dahulu kepada klien boleh di upload ke media sosial kami atau tidak. Dan kami melakukan berbagai Upaya untuk memastikan bahwa informasi palanggan kami aman dan terlindungi,” kata Robby.

Dengan keberhasilannya sekarang robby sangat puas dan senang, karena usaha yang dia inginkan tidak sia-sia, dan ia pun dapat mewujudkan studio foto sendiri atas kerja kerasnya selama ini. Ia memberikan inspirasi bagi banyak orang yang bermimpi ingin memulai usaha studio foto. dan ia mengakhiri wawancara ini dengan pesan positif, “setiap tantangan adalah peluang untuk tumbuh. Selalu terbuka terhadap perubahan dan pelajari hal baru, jangan pernah takut dan jangan terlalu dipikirkan, jalani saja, tapi jangan lupa berusaha dan beribadah pada yang maha kuasa,” ungkapnya.

Nama : Nizaria Kusumastuti

Nim : 23041184342

Kelas : 2023 H


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TINDAKAN CORET-CORET TEMBOK MERUSAK PEMANDANGAN KOTA

DAMPAK BALIHO UNTUK KENYAMANAN UMUM

Baliho Prabowo Mendukung Gerakan Bersama Indonesia Maju